Self-Quarantine!

Sekarang adalah tepat hari ke-14 diberlakukannya anjuran masyarakat Indonesia untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah (self-quarantine). Namun ternyata upaya 14 hari ini gak pernah cukup buat menekan angka penyebaran virus corona (covid-19) di negara gue.

Data nunjukin jumlah kasusnya malah naik terus, dan kalo gue cari-cari penyebabnya ada banyak. Mulai dari kebijakan pemerintah ngadain rapid test kaya yang dilakuin di Korea Selatan yg which is bakal naikin cepet angka kasusnya, kurangnya APD (Alat Pelindung Diri) tenaga medis yang jadi kunci keamanan mereka buat nanganin pasien yg terpapar covid-19, sampe banyaknya orang-orang yang mungkin cukup egois untuk gak tetap di rumah aja selagi mereka bisa.

source: Pinterest

Gue sendiri sebenernya udah self-quarantine sejak sakit mulai dari Desember tahun lalu. So, 14 hari kebelakang jadi gak ada perbedaan yang cukup signifikan buat gue. Tapi dari 14 hari itu ada 3 hari dimana gue harus gak di rumah aja. Hari ke-6 gue diminta nyokap belanja beberapa bahan-bahan dapur di supermarket terdekat. Karena hari itu gue sedang tidak merasa sakit jadi gue gak pake masker tapi tetep bawa handsanitizer, dan hari itu selama di luar rumah gue berhasil untuk gak pegang muka sama sekali. Pulang pulang langsung cuci tangan, cuci kaki dan ganti baju.

Hari ke-8 dan 11 gue ke puskesmas dan rumah sakit perpanjang surat rujukan untuk keperluan BPJS. Sebelum masuk puskesmas gue dan nyokap disemprot semacam cairan sanitizer di bagian tangan dan badan. Antrian dan tiap-tiap kursi tunggu dikasih jarak biar aman. Proses minta rujukan di puskes gak makan waktu yang lama mungkin karena emang sejak masa-masa ini puskes jadi lebih sepi. Beda sama di rumah sakit, pas gue dateng kondisi di sana gak sepi sama sekali. Gue dapet nomer antrian 85 sedangkan yang dilayani masih antrian ke 16. Tidak lupa sesekali gue bersihin tangan pake handsanitizer yang gue bawa sendiri. Pas di meja pemeriksaan, perawat masang alat tensian yg otomatis gitu ke tangan gue namun setelah 4 kali percobaan hasilnya nihil, alatnya nunjukin angka yang erorr. Tapi pas dicoba ke orang lain alatnya normal-normal aja. Kayanya kemungkinan tensi gue waktu itu lagi rendah banget sampe gak bisa kedeteksi. Tapi emang pas hari itu gue ngerasa lemes parah, mungkin karena efek hari pertama menstruasi juga.

Sisanya gue bener-bener di rumah aja seringnya nonton youtube, buka twitter dan main ig. Ada hari-hari dimana gue nyobain berbagai resep camilan simpel mulai dari cireng isi, risol isi, ttoekbokki, stik kentang keju sampe cilok isi ayam. Maklum anaknya suka banget makan dan jajan. Sempet juga nyoba bikin Dalgona Coffee namun gagal, kira-kira kaya gini penampakan kopi nya setelah diaduk 45 menit.

Gue memang agak sotoy, kayanya gak bisa jadideh kalo diaduknya cuma pake sendok kaya gini.

Oh iya gue baca beberapa buku fiksi di aplikasi Gramedia Digital berkat promo potongan harga langganan yang mereka kasih selama masa karantina ini. Diantaranya gue berhasil menyelesaikan 400an halaman The Hunger Gamesnya Suzanne Collins, sekarangpun masih lanjut baca yang Catching Fire dan akan lanjut Mockingjay juga. Katniss Everdeen sungguh jadi tokoh fiksi idolaqu. Gue juga baca novelnya Adhita Purwitasari yang judulnya All is Fair in Love and Game.
source: Gramedia Digital Apps

Terakhir, gue ikutan pre-order buku keduanya gitasav, A Cup Of Tea. Masih gue tungguin nih karena sampe sekarang bukunya belum mendarat di rumah gue. Kalo gak salah kemaren, iya kemaren gue sempet daftar online class nya mba gitasav juga di skill academy lagi lagi karena ada promo gratisan.

Udah sih paling itu aja yang gue lakukan selama self-quarantine 14 hari ini.

#selfquarantine
#dirumahaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Infinity War di Velvet Class

Balada Tinggal di Rumah Nenek

Nonton Marlina Si Pembunuh!